Kamis, 05 Januari 2017

Pengertian Henna dan Cara Membuatnya, Lengkap Banget!

Ada yg sudah tahu henna belum ? Saat membahas henna, maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah yang berhubungan dengan pernikahan.

Nah, dari potongan kalimat diatas apakah kamu sudah memiliki gambaran mengenai apa itu henna ? Jika kamu masih ngga paham,  di dalam tulisan ini saya akan menjelaskan tentang pengertian henna, cara membuat henna, manfaat henna, bahan-bahan yg dibutuhkan dalam pembuatannya serta contoh motif-motif dan design gambar henna yg keren.

Sudah cukup jelas kan? Jadi untuk kamu yg ingin membuat henna tangan sendiri tp masih bingung dengan cara membuatnya, maka saya sarankan untuk mengikuti artikel ini hingga akhir.


Berikut penjelasan lengkapnya :

Apa Itu Henna ?

Pengertian Henna

Henna adalah sebuah pewarna yg berasal dr tumbuhan yg memiliki nama latin Lawsonia Innermis. Tanaman henna tumbuh di daerah yg sangat panas misalnya daerah Timur Tengah dan afrika Utara.

Daun henna yg kering lalu ditumbuk jadi bubuk. Bubuk inilah yg akan menjadi bahan baku dalam membikin pasta yg dibutuhkan dalam henna.

Selanjutnya henna dipakai untuk di tangan,kaki, maupun di area tubuh yg lainnya sesuai dengan keinginan. Saat digunakan henna akan menempel pd kulit yg telah di oleskan henna.

Seni henna menerapkan sebuah pola pada kulit. Sehingga henna akan nampak indah dan cantik serta  bernilai estetika tinggi.

Henna berbeda tato, karena henna sifatnya tidak permanen. Henna di anggap sbg salah satu komestik tertua di dunia dan telah dipakai pada kulit, kuku dan rambut selama bertahun-tahun

Sejarah Henna

Henna berasal dari bahasa Latin untuk nama tumbuhan Lawsonia Inermis yg sebut oleh orang arab sebagai Hinna. Henna adalah sebuah kesenian yg telah lama, kurang lebih 5 abad!

Sejarahwan menjelaskan bahwa bangsa Mogul-lah yang mengenalkan henna ke India. Namun ada sejarahwan lainnya yg memiliki pendapat berbeda.

Di India henna dipakai sebagai salah satu cara mempercantik diri selain make up atau perhiasan. Henna sering digunakan dalam pesta-pesta seperti pada saat pesta pernikahan.

Tangan mempelai wanita akan dilukis dg henna dari ujung jari hingga siku dan nama calon pria akan diukir secara tersembunyi di sela-sela henna.

Dalam sejarah, henna digunakan guna menangkal roh jahat dan diyakini orang yang memakai henna akan selamat.

Di Indonesia, henna lebih populer dengan sebutan innai atau pacar yg merupakan bahan pewarna alami yg terbuat dari tanaman pacar. Dalam beberapa tradisi dan budaya yg ada di Indonesia, penggunaan henna/innai merupakan bagian dari ritual sebelum prosesi pernikahan.

Cara Membuat Henna Pasta Sendiri

Sebenarnya untuk meracik henna bubuk menjadi henna pasta tidak begitu sulit, tetapi tidak mudah juga. Loh, apa maksudnya? Maksudnya saat membuat henna pasta, butuh kesabaran dan ketelatenan agar bisa menemukan racikan yg pas atau sempurna.

Karena dalam meracik henna pasta tidak ada takaran yg pasti. Hanya menggunakan ilmu perkiraan saja. Loh kenapa bisa begitu? Karena masing-masing henna bubuk memiliki karakteristik yg berbeda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan itu.

Misalnya tahun panen, curah hujan, iklim, daerah tumbuh & masih banyak yg lainnya. Walau begitu, cara membuatnya tetap sama, hanya porsi dan takarannya saja yg berbeda dan dapat disesuaikan.

Bahan-Bahan yg di Butuhkan dalam Membuat Henna Pasta :

Bahan-Bahan yg digunakan dalam Membuat Henna Pasta :

1. Henna Bubuk

Henna bubuk mesti dalam keadaan fresh / segar. Identik dg  warnanya yg hijau. Beberapa henna bubuk warnanya hijau kekuningan, dan henna yg masih segar akan beraroma layaknya bayam.

Karena ini henna bubuk, pastikan teksturnya lembut layaknya bedak. Cara mengetesnya dg  memakai saringan teh / saringan apa saja yg memiliki lobang yg begitu kecil.

2. Jeruk Nipis / Jeruk Lemon

yg digunakan cukup air perasannya saja. yg terpenting adalah sari-sarinya tidak ikut. Oleh sebab itu, kamu mesti menyaringnya dg  teliti. Jika nya ikut, akan mengakibatkan cone kamu tersumbat.

Jika tidak bisa menbisa kan jeruk lemon / jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dg  air teh / air kopi.

3. Essential Oil

Essential oil yg biasa digunakan untuk meracik henna pasta adalah Cajuput, Eucalyptus, Lavender, Tea Tree, dan Lemon. Kenapa mesti memakai essential oil ?

Karena essential oil mengandung terpinol yg bisa membantu henna menghasilkan warna yg gelap, sekaligus bisa  membuat adonan henna menjadi lebih lembut.

a. Mangkuk / Wadah

Gunakanlah mangkuk dg  ukuran yg sedang. Sebenarnya ukuran mangkuknya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan. Jika henna yg akan dibuat sedikit, maka sebaiknya gunakanlah mangkuk yg lebih kecil.

5. Sendok

Kamu bisa memakai sendok kayu / sendok stainless steel.

Cara Membuat Henna Pasta :

Cara pertama yg mesti dilakukan adalah ambil henna bubuk secukupnya. Kali ini  hanya memakai 1 sdm saja. Masukkan henna kedalam mangkuk dan beri sedikit air jeruk yg sudah diperas. Tapi hanya sedikit saja yah, kemudian aduk sampai adonannya merata. Tambahkan air jeruk lagi jika dirasa air jeruknya kurang. Pokoknya sampai adonannya layaknya kentang yg udah ditumbuk / layaknya adonan kue yg masih kental.


Berikutnya tutup dg  memakai plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 6 jam. Sampai adonan terlihat perubahan warnanya menjadi kecoklatan pada bagian atas adonan. akan lebih bagus lagi jika adonan diletakkan di tempat yg hangat, misalkan dibawah lampu belajar. Ingat, suhu yg hangat bukan panas. Karena jika suhu terlalu panas, henna akan rusak.


Cara kedua, setelah di diamkan kurang lebih 6 jam, buka tutup plastiknya dan aduk sampai rata adonannya. Tambahkan essential oil kurang lebih a – 5 tetes. Jangan terlalu banyak yah, karena akan mempengaruhi warna hennanya. Bahkan jika gagal tidak akan mengeluarkan warna sama sekali. Kemudian aduk terus sampai adonan menjadi rata. Tutup kembali dg  plastik wrap dan diamkan lagi kurang lebih 6 – 8 jam. Lama juga yah ? Iya gitulah hehe 🙂


Cara ketiga, buka plastik penutupnya dan aduk sampai rata kembali. Jika terlalu kental, kamu bisa menambahkan kembali sisa air jeruk. Jadi air jeruk sisanya jangan dibuang yah. Menambahkan air jeruk sedikit demi sedikit sampai adonan menyerupai pasta gigi. Tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.


Cara keempat, masukkan adonan ke dalam carrot bag / plastik segitiga dan pindahkan ke dalam cone jika kamu ingin memakainya, / bekukan jika kamu ingin memakainya nanti.

Gimana ? Mudah / Sulit ? Jadi itulah penjelasan bagaimana cara membuat henna pasta sendiri. Semoga bisa di praktekkan deh dan selamat mencoba 🙂

Rabu, 04 Januari 2017

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Ibu hamil muda memang harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Apalagi untuk kehamilan trimester pertama, konsumsi makanan yang sehat akan menunjang pertumbuhan janin ke depannya. Pemilihan menu makanan yang sehat untuk ibu hamil muda  memang harus dilakukan dengan baik agar ibu dan calon buah hati terjaga kondisinya dan dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kurang sempurnanya bentuk tubuh bayi atau keguguran. Untuk melengkapi kebahagiaan keluarga, anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap keluarga. Maka dari itu, sejak calon buah hati berada dalam kandungan, hendaknya orang tuanya memberikan asupan nutrisi yang cukup.

Sayur dan buah selalu menjadi andalan menu makanan sehat untuk siapapun termasuk ibu hamil muda. Sayuran hijau sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Sang ibu mungkin sering merasa mual dan muntah. Dengan konsumsi sayuran hijau yang mengandung banyak zat besi ibu hamil muda dapat menghilangkan rasa mual dan dapat membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Untuk sang calon bayi, sayuran hijau mengandung banyak nutrisi salah satunya adalah asam folat yang berfungsi membantu pembentukan sel sehingga calon bayi dapat tumbuh dengan sempurna. Sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi dan baik untuk dipilih menjadi menu makanan sehat untuk ibu hamil muda diantaranya adalah bayam, asparagus, brokoli dan sawi.

Cara pengolahan sayuran hijau pun perlu diperhatikan misalnya agar tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya, sebaiknya tidak dimasak overcooked. Buah juga sangat dianjurkan sebagai pilihan menu makanan sehat untuk ibu hamil muda. Buah segar dan bukan buah kalengan sangat cocok untuk ibu hamil muda. Buah segar kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan serat pada buah segar dapat membantu mengatasi sembelit yang kadang dialami oleh sang ibu hamil muda. Untuk sang calon buah hati, buah segar yang bernutrisi tinggi sangat membantu perkembangannya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Buah yang baik diantaranya apel, alpukat, anggur, jeruk, kurma, dan sebagainya. Buah yang perlu dihindari diantaranya durian, delima, nanas, dan sebagainya. Disamping sayur dan buah, ibu hamil muda juga harus memperhatikan asupan minuman. Susu diperlukan karena kandungan di dalam susu atau olahan dari susu kaya akan nutrisi seperti protein dan kalsium yang sangat berguna bagi sang ibu dan calon buah hati. Air putih yang cukup juga disarankan untuk ibu hamil muda agar tidak kekurangan cairan.
Ada beberapa pilihan menu makanan sehat untuk ibu hamil muda yang bermanfaat untuk sang ibu dan sang calon buah hati. Yang perlu diperhatikan adalah porsinya (serta kandungan nutrisi dalam setiap porsi) dan senantiasa mengomunikasikan dengan dokter kehamilan mengenai makanan yang cocok untuk sang ibu hamil muda karena setiap ibu hamil muda memiliki karakternya masing-masing.

Selasa, 03 Januari 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

 Kali ini admin akan mencoba memberikan contoh surat lamaran kerja secara lengkap utk kamu yg  ingin melamar kerja & bingung membuat  surat lamaran kerja.

tak ada salahnya utk mencontoh surat lamaran kerja yg tersedia di artikel ini, semoga dg adanya contoh contoh surat lamaran kerja yg admin berikan dapat membantu kamu semua terutama bagi para lulusan sekolah menengah  yg baru lulus tahun ini yg sedang mencari contoh surat lamaran kerja yg baik utk pembuatan surat lamaran pekerjaannya.


tentang  contoh-contohnya dapat membacanya dibawah ini.

Monggo  pilih salah satu yg pas menurut kamu . Berikut ini contoh surat lamaran kerja yg baik :

Lampung , 1 Mei 2017
Kepada yth:
HRD Manager PT Mecin Indonesia
Jl. Hasanudin No. 13 Lampung

hal  : Lamaran kerja

dg Hormat,

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran xyz tentang  lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini admin ingin mengajukan diri utk melamar pekerjaan di perusahaan yg Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yg dibutuhkan saat ini. admin yg bertkamu tangan dibawah ini :

Nama : Andi Malaranggeng
Tempat/Tanggal Lahir : Lampung , 24 Juli 1992
Jenis Kelamin : Laki-laki
Pendidikan : SMK Perhotelan Sandhy Putra II Lampung
Alamat : Jl. Matraman Luar II No. 2 RT/RW 013/008
Telepon : 08789201983333

utk melengkapi beberapa data yg diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yg akan datang , saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

Pas Photo.
FC KTP Bandung.
Daftar Riwayat Hidup.
FC Ijazah Terakhir.
FC SKHUN.
FC Sertifikat Competensi.
FC Sertifikat PKL.
FC Surat Keterangan Refrensi.
Demikianlah Surat lamaran ini admin utk dg sebenarnya & atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan admin mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Andi Malaranggeng                              

    Contoh Surat Lamaran Kerja Secretary/Administratif(sekertaris)
    Kepada Yth,
    Kepala Bagian HR
    PT. Mulia Sekali Corp
    Jl. Pejompongan 15 A
    Bandung
    dg hormat,

    Menanggapi iklan kamu di harian Kompas terbitan tanggal 2 Agustus 2015 utk posisi sekretaris, admin ingin menawarkan diri admin utk posisi tersebut.

    admin berusia dua puluh dua tahun & pernah bekerja sebagai staf juru ketik selama dua tahun. Setelah tamat dari Akademi Sekretaris, admin mengikuti pelatihan kerja utk pekerjaan sekretaris selama tiga bulan. Sekarang admin merasa memiliki keahlian yg diperlukan utk mengisi lowongan yg kamu tawarkan.

    utk informasi selanjutnya, dg ini admin lampirkan daftar riwayat hidup, surat keterangan dari akademi, & selembar foto terbaru saya.

    admin harap Bapak akan mempertimbangkan lamaran ini, & memberi admin suatu kesempatan utk wawancara.

    Hormat saya,

   Poeng

    Contoh Surat Lamaran Kerja Programmer

    Kapada Yth,
    Bapak Kepala Bagian HR
    PT. Legal Info
    Jl. Mekar Sari 12
    Bandung Barat

    dg hormat,
    admin sangat tertarik dg iklan Bapak dalam terbitan harian Media Indonesia terbitan hari Sabtu,3 Agustus 2015 tentang  adanya lowongan utk jabatan Computer Programmer. Maka, bersama surat ini admin mengajukan diri utk mengisi lowongan tersebut.

    admin berusia 23 tahun, & telah menyelesaikan kuliah jurusan Computer Programming di Akademi Komputer (AKAKOM), Bandung pada bulan September 2013 dg IPK 3.21. Selain kuliah, selama 1 tahun terakhir admin bekerja sebagai asisten instruktur di Pusat Kursus Komputer ‘Arcadia’, Bandung.

    utk keterangan lebih terperinci, bersama ini admin lampirkan juga surat keterangan pengalaman kerja, surat tkamu kelulusan sementara dari AKAKOM Bandung, daftar riwayat hidup singkat, & foto terbaru saya.

    admin berkeyakinan bahwa surat ini beserta lampirannya belum cukup utk dijadikan bahan pertimbangan. Oleh karena itu, admin berharap Bapak akan memberikan suatu kesempatan wawancara kepada saya, sehingga dapat diperoleh keterangan tentang  diri admin secara lebih terperinci & lengkap.

    Hormat saya,

Abdul Holikul Anwar

Contoh Surat Lamaran Kerja Pemasaran
    Jl. Karet Belakang 56
    Karet Setiabudi
    Bandung 12920

    2 Mei 2015
    Yth;
    Bpk. Adang Daradjat
    Kepala Divisi Pemasaran
    PT. BAC Indonesia
    Jl. Jend. Sudirman kav.26
    Bandung Selatan 12750

    dg hormat,
    admin berkeyakinan bahwa pengalaman admin selama 6 tahun di bidang pemasaran akan menjadi asset yg berharga utk PT. BAC Indonesia.

    Selama bekerja di PT. General Electronic, admin telah berhasil meningkatkan penjualan produk sebesar 10% hingga 20%, pada 10 pasar yg berbeda, dg total penjualan sebesar Rp.600 milyar dalam waktu 3 tahun. admin juga telah berhasil membuka 5 pasar baru yg saat ini telah meraih sukses.

    Pada curriculum vitae yg terlampir, dapat dilihat bahwa admin juga berpengalaman dalam bidang pengembangan produk baru, prosedur lisensi, hingga prosedur ekspor impor. Jika Bapak berkenan, mohon ijinkan admin utk bertemu guna menjelaskan potensi diri admin secara lebih mendalam. admin dapat dihubungi di (021) 25049902.
    Hormat saya,

    Susianti Tanuwidjaja

    Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing/Sales/Kurir
    Bandung 2 Agustus 2013,

    Kepada Yth,
    HRD Manager
    PT. KURIR EKA CEMERLANG
    Jl. IR. H. Jukamu 12 A
    Bandung Selatan
    hal  : Lamaran Pekerjaan

    dg hormat,
    Bersama ini admin sampaikan keinginan admin utk melamar pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam iklan lowongan pekerjaan di harian Pos Kota tanggal  1Mei 2013

    Pendidikan terakhir admin di SMA Negeri 204 Bandung Selatan telah diselesaikan pada tahun 2013. admin memiliki kendaraan sendiri (sepeda motor), & telah mempunyai SIM C & A.
    Dalam surat lamaran ini admin lampirkan 1 (satu) lembar Daftar Riwayat Hidup beserta Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian & Ijazah terakhir utk dijadikan bahan pertimbangan selanjutnya.

    Besar harapan saya, agar bapak/ibu bersedia meluangkan waktu utk wawancara, sehingga admin dapat memperkenalkan diri secara lebih baik & terperinci.
    Atas perhatian bapak/ibu, admin ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,

    Eddy Syamsuddin

    Contoh Surat Lamaran Kerja Bank
    Jl. kayu pahit II/24
    Cempaka Putih
    Bandung Pusat 17556
    2 Agustus 2015

    Yth;
    Bpk. Hartono Hartawan
    Direktur HR
    PT. Bank Perkasa
    Jl. Gajah Mada 25
    Bandung 17006

    dg hormat,

    Bapak Sindunata, kepala cabang Bank Perkasa Tanah Abang, yg merupakan sahabat dari orang tua saya, menyarankan utk menulis surat kepada bapak, tentang  kemungkinan adanya kebutuhan karyawan baru sehubungan dg akan dibukanya cabang Bank Perkasa di daerah Cempaka Putih. Bilamana memang benar, sudilah kiranya Bapak memberikan kesempatan kepada admin utk mengisi kebutuhan tersebut.

    Seperti tertulis dalam resume terlampir, admin adalah lulusan Akademi Akuntansi Yayasan Administrasi Indonesia (YAI) Bandung tahun 2015. admin telah bekerja paruh waktu selama 4 bulan terakhir sebagai tenaga kasir di toko buku Alda, Bandung Pusat. admin mampu mengoperasikan komputer utk melakukan pengolahan data maupun pembuatan laporan menggunakan MS Excel, MS Word & PowerPoint, & admin bersedia menggunakan kemampuan admin tersebut utk pekerjaan administrasi.

    admin sangat ingin utk bertemu Bapak dalam suatu kesempatan wawancara, dimana admin dapat menjelaskan kemampuan & potensi diri admin secara lebih mendalam. admin dapat dihubungi di nomor telepon 021-556887.
    Atas perhatian Bapak, admin sampaikan terima kasih.

    Hormat saya,

    Wirda Nadya

    Contoh Surat Lamaran Information Technology (IT)
    Jl. Merpati 25
    Menteng Jaya
    Tangerang 15136
    021-5849299
    2 Agustus 2015

    Kepada Yth;
    Head of Human Resources Dept.
    PT. Menteng Komputindo
    Menteng Central Business District
    Jl. MH Thamrin B-5
    Menteng Jaya
    Tangerang 15774

    dg hormat,
    admin adalah mahasiswa jurusan Tekhnik Komputer di Universitas Bina Nusantara, Bandung, yg telah lulus, & Telah diwisuda dg gelar Sarjana Tekhnik Komputer pada bulan Juni 2013.

    Saat ini admin sedang mencari pekerjaan dalam bidang yg berhubungan dg Database/Graphic Package Design dalam suatu departemen pengembangan & penilitian pada sebuah perusahaan yg berskala besar.

    Pada tahun-tahun terakhir perkuliahan, admin bekerja paruh waktu di Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK), sebagai instruktur kursus tekhnik computer. utk menambah pengetahuan & ketrampilan, admin juga mengikuti kursus dalam bidang desain grafis & database. dg latarbelakang pendidikan, pengetahuan & keterampilan tersebut, admin yakin akan dapat memberikan kontribusi yg bernilai utk perusahaan Bapak.

    Terlampir adalah daftar riwayat hidup saya, yg memuat rincian pengalaman & kursus-kursus yg telah admin ikuti. admin berharap bahwa kualifikasi admin mendapat perhatian dari Bapak, & sebuah kesempatan interview akan diberikan kepada saya.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Hormat saya,

    Haryanto Halim

Manfaat Madu Untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

Banyak orang belum mengerti tentang manfaat madu untuk wajah. Sebenernya selain punya khasiat untuk wajah madu juga sangat baik dikonsumsi untuk tubuh kita. Madu bermanfaat untuk membersihkan jerawat dan bekas luka pada wajah maupun lapisan kuliat lainya.
Mengapa?

Madu memiliki sifat antiseptik alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Jika mengoleskan madu pada luka, akan membantu proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan kebanyakan bakteri tidak mampu bertahan hidup pada madu, sehingga tidak ada bakteri yang menempel pada luka dan memungkinkan jaringan untuk tumbuh kembali menutup luka. Oleh karena itu madu sangat bermanfaat bagi kulit.

Madu sangat bermanfaat untuk membersihkan jerawat pada muka anda. Jerawat timbul karena kelebihan lemak dan keluarnya darah kotor. Dengan madu lemak dan darah kotor tersebut dapat diserap oleh madu, selain itu jika terjadi luka pada jerawat bakteri tidak akan menempel.
Secara ilmiah madu yang berada diatas kulit ia akan melepaskan hidrogen peroksida yang dapat membantu untuk melawan bakteri dan menarik cairan tubuh yang tidak dibutuhkan seperti pada jerawat.

Selain mengobati jerawat madu juga dapat membuat wajah anda lebih lembab dan lebih fresh. Wajah yang kering disebabkan oleh kotoran yang menempel pada pori – pori kulit. Dengan madu kotoran tersebut akan diangkat. Akan tetapi pakailah madu ini jika anda sedang dirumah, karena sifat lengket madu akan membuat anda tidak nyaman jika bepergian.

Cara penggunaan madu untuk perawatan wajah:

Oleskan madu murni pada seluruh wajah anda atau pada bagian tertentu yang diinginkan. Jika terdapat luka mungkin akan terasa agak perih, itu berarti cairan antiseptik dalam madu bekerja dengan baik. Jangan oleskan terlalu keras karena bisa menimbulkan luka lain.
Tunggulah sekitar 30 menit. Selama proses ini akan ada gelembung kecil yang timbul atas kulit anda karena ada hidrogen peroksida yang bereaksi untuk melawan bakteri.
Bilaslah kulit anda yang diolesi madu dengan air hangat. Air hangat ini bertujuan agar luka tidak terlalu berasa perih/nyeri. Setelah itu keringkan dengan handuk.
Nah, diatas adalah manfaat madu untuk wajah dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat bagi pembaca.


Senin, 21 November 2016

Macam-macam Rumusan Masalah dan Pengertiannya

3 jenis perumusan masalah penelitian

dlm perumusan masalah perlu memperhatikan bentuk-bentuk masalah.
Sugiyono (2000) menyebutkan ada tiga bentuk masalah adalah masalah deskriptif,
komparatif, dan masalah asosiatif.



a. Masalah deskriptif

Masalah deskriptif adalah masalah yg berkenaan dg pernyataan thd keberadaan variabel mandiri, baik hanya pd satu variabel / lebih (variabel yg berdiri sendiri). Jadi dlm peneltian ini peneliti tdk
membuat perbandingan variabel itu pd sampel yg lain, dan mencari hubungan variabel itu dg variabel yg lain. Penelitian semacam ini selanjutnya dinamakan penelitian deskriptif.
misalnya contoh rumusan masalah deskriptif:
Bagaimanakah sikap masyarakat thd perguruan tinggi negeri berbadan hukum?
Seberapa tinggi efektivitas kebijakan mobil berpenumpang tiga?
Seberapa tinggi tingkat kepuasan konsumen dan apresiasi masyarakat thd pelayanan
pemerintah daerah di bidang kesehatan?

b. Masalah komparatif

Masalah komparatif merupakan suatu permasalahan penelitian yg bersifat membandingkan keberadaan satu variabel / lebih pd dua / lebih sampel yg berbeda, / pd saat yg berbeda.
misalnya rumusan masalahnya sbg berikut:
Adakah perbedaan produktivitas kerja antara pegawai negeri dg swasta? (satu variabel pd
dua sampel)
Adakah perbedaan kemampuan dan disiplin kerja antara pegawai swasta nasional dan perusahaan
asing? (dua variabel pd dua sampel)
Adakah perbedaan daya tahan berdiri pelayan toko yg berasal dari kota, desa dan gunung? (satu
variabel pd tiga sampel)
Adakah perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar antar murid yg berasal dari keluarga Guru,
Pegawai Swasta, dan Pedagang? (dua variabel pd tiga sampel)
Adakah perbedaan kompetensi profesional guru dan kepala sekolah antara SD, SMP, dan SLTA ? (satu
variabel utk dua kelompok, pd tiga sampel)

c. Masalah asosiatif

Masalah asosiatif merupakan suatu pertanyaan penelitian yg bersifat
hubungan antara dua variabel / lebih. Hubungan tersebut bisa simetris,
kausal, maupun hubungan timbal balik.

1) Hubungan simetris
merupakan hubungan antara dua variabel / lebih yg kebetulan munculnya
bersamaan. Jadi bukan hubungan kausal /pun interaktif.
misalnya:
Adakah hubungan antara banyaknya semut dipohon dg tingkat manisnya buah?
Adakah hubungan antara jumlah payung yg terjual dg jumlah kejahatan?

2) Hubungan kausal merupakan hubungan yga bersifat sebab akibat. dlm hal ini ada variabel independen
(variabel bebas) dan variabel dependen. Variabel independen mempengaruhi variabel dependen.
misalnya:

Adakah pengaruh sistem penggajian thd prestasi kerja?
Seberapa besar pengaruh tata ruang kantor thd efisiensi kerja karyawan?
Adakah pengaruh pendidikan orang tua thd prestasi belajar anak? (pendidikan orang tua
merupakan variabel independen dan prestasi belajar merupakan variabel dependen)
Seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala SMK thd kecepatan lulusan mendapatkan
pekerjaan? (kepemimpinan merupakan variabel independen dan kecepatan mendapatkan
pekerjaan merupakan variabel dependen)

3) Hubungan timbal balik
 interaktif merupakan hubungan yg saling mempengaruhi. Disini tdk diketahui mana variabel dependen dan variabel independen..
misalnya:
Hubungan antara motivasi dg prestasi. Disini dapat dinyatakan motivasi mempengaruhi
prestasi dan juga prestasi mempengaruhi motivasi.
Hubungan antara kecerdasan dg kakayaan. Kecerdasan dapat menyebabkan kaya, demikian juga
orang kaya dapat meningkatkan kecerdasan karena gizi terpenuhi.

Jumat, 18 November 2016

Penjelasan Tentang Penduduk, Jumlah Penduduk dan Ledakan Penduduk

Penduduk
Penduduk merupakan orang yg secara hukum berhak tinggal disuatu daerah / wilayah tersebut, dan memiliki bukti kewarganegaraan yg sah.

Pengertian penduduk dlm sosilogi adl penduduk merupakan kumpulan manusia yg menepati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Kepdtan Penduduk
Membagi kepdtan jumlah penduduk indonesia dg cara membagi jumlah penduduk dg luas area dimana mereka tinggal. Pengamat masyrakat percaya konsep kapasistas muat berlaku pd penduduk bumi, penduduk yg tak terkontrol dpt menyebabkan Katastrofi Malthus.

Laju pertumbuhan penduduk lebih tinggi di negara berkembang dibandingkan dg negara maju. Negara-negara yg memiliki kepdtan penduduk tertinggi menurut jumlah penduduknya adl Republik Rakyat Cina dg jumlah penduduk 1.298.847.624 jiwa, lalu disusul oleh India dg jumlah penduduk 1.065.070.607 jiwa, di posisi ketiga diraih oleh Amerika Serikat dg jumla penduduk 293.027.571 jiwa, dan negara kita Indonesia memperoleh kepdtan penduduk sebesar 241.973.879 jiwa. Data ini berasal dari CIA World Factbook 2004 meskipun tdk selalu up to date tapi seenggaknya cukup akurat.

Piramida Penduduk
dlm suatu piramida penduduk distribusi usia dan jenis kelamin dlm suatu negara / wilayah yg digambarkan. Piramida penduduk berfungsi menggambarkan perkembangan penduduk dlm kurun waktu tertentu.

Pengendalian Jumlah Penduduk
Kegiatan membatasi pertumbuhan penduduk dinamakan pengendalian penduduk, dg cara mengurangi jumlah kelahiran. Di Indonesia pengendalian penduduk mggnkn program Keluarga Berencana (KB). Program ini dinilai berhasil menekan tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia.

Penurunan Jumlah Penduduk
Perpindahan daerah kesuburan / emigrasi besar-besaran dpt menyebabkan turunnya jumlah populasi pd sebuah daerah berkurang, dan juga oleh penyebab penyakit, kelaparan maupun perang.

Transfer Penduduk
Transfer penduduk hanya merupakan istilah untuk kebijakan negara yg mewajibkan sekelompok penduduk melakukan perpindahan dari kawasan satu ke kawasan lainnya, terutama dg alasan etnistias / agama.

Ledakan Penduduk
Ledakan penduduk yaitu keadaan dimana laju pertumbuhan penduduk cepat akibat dari tingkat kelahiran yg tinggi dan tingkat kematian yg menurun. Penyebab ledakan penduduk yaitu adanya kawin dlm usia muda dan keyakinan pd masyrakat ‘banyak anak banyak rezeki’. Ledakan penduduk dpt membawa akibat yg komplek, seperti turunnya standar hidup, terjadinya pengangguran, ekonomi, krisis lingkungan dan lain hal sebagainya.

Masyarakat
masyarakat modern
sumber gambar google image
Kata ‘masyarkat’ merupakan kata dari bahasa Arab yaitu Musyarak. Masyarakat adah sekelompok orang dimana sebagaian besar dari interaksi antara individu-individu yg berada dlm kelompok tersebut. Lebih abstraknya, masyarakat adl hubungan-hubungan antar entitas-entitas yg membuat suatu jaringan.

Sifat masyarakat saling tergantung satu sama lain. Istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yg hidup berasama dlm satu komunitas yg teratur.

Ciri-ciri masyarkat
Ciri-ciri dari masyarakat yaitu manusia yg hidup bersama dan terdidi sekurang-kurangnnya dari dua orang. Akibat pergaulan yg cukup lama yg selalu hidp bersama timbul komunikasi dan aturan yg mengatur hubungan antar manusia dan sadar bahwa mereka merupan kesatuan yg satu. Kehidupan bersama seiring berjalannya waktu mereka merasa dirinya terkait satu dg yg lainnya dan menimbulkan kebudayaan baru.

Masyarakat Tradisional
Masyarakat tradisional adl sekelompok masyarkat yg kehidupannya masih tradisonal dan mengacu oleh adat istiadat lama. dlm melangsungkan kehidupannya masyarakat tradisional masih berdasarkan kebiasaan lama yg diwarisi nenek moygnya. Kehidupan masyarkat tradisional tdk begitu dipengaruhi dg perubahan-perubahan dari pengaruh luar.

Secara geografis masyarakat tradisional hidup di daerah pedesaan yg terletak di pedlman yg jauh dari keramaian kota, masyarkat ini dinamakan juga masyarakat pedesaan. dlm kehidupannya masyarakat desa adl kelompok orang yg hidup bersama, bekerja bersama, dan berhubungan erat.

Desa merupakan tempat yg cocok untuk menengankan pikiran yg penat dan melepaskan lelah, karena desa memiliki kehidupan yg tentram, damai, jauh dari konflik dan udara pegunungan yg sejuk.

Ciri masyarakat tradisonal bergantung terhadap lingkungan alam sekitar.

Masyarakat Transisi
Masyarakat yg mengalami perubahan dinamakan masyarakat transisi. Sebagai contoh masyarakat pedesaan yg sedang mengalami transisi ke arah kebiasaan kehidupan kota, misalnya pergeseran tenaga kerja dari bangungan dan masuk ke industri.

Ciri masyarkat transisi yaitu adanya penggeseran dlm suatu bidang, seperti pekerjaan yg dahulunya bertani ke sektor industri. Selain dlm bidang pekerjaan, bidang pendidikan juga merupakan ciri dari masyarakat transisi, seperti tingkat pendidikan rendah dan meningkat tingkat pendidikannya. Ciri lainnya yaitu sedang mengalami perubahan ke arah lebih maju, dan masyarat sudah terbuka dg kemajuan dan perubahan jaman.

Masyarakat Modern
Masyarakat moden adl masyarakat yg kehidupannya dlm perabadaan dunia di masa kini. Sebagian masyarakat modern acuh kepd adat istiadat lama akibat pengaruh kebudayaan luar dan kemajuan teknologi. Masyarkat modern selalu berusaha mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

pd umumnya masyarakat modern dinamakan masyarakaat perkotaan. Dari sifatnya masyarakat ini memiliki kehidupan yg serba modern.

Ciri masyarakat modern ini dlm menunjang kehidupannya alam tdk lagi vital, dlm menunjang kehidupannya alam dikendalikan dg kemampuan pengetahuan dan tekonlogi.

Kebudayaan
budaya
sumber gambar google image
Budaya / kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yg artinya budi / akal, diartikan dg budi dan akal manusia. Kebudayaan dlm bahasa inggris, dinamakan culture, yg kata latinnya Colere, artinya mengolah / mengerjakan.

Budaya adl warisan yg digenerasikan ke generasi berikutnya ttg suatu cara hidup yg berkemband dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok. Terbentuknya budaya dari banyak unsur yg rumit, seperti sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa dan macam hal lainnya.

Budaya merupakan bagian yg tdk dpt dipisahkan dari manusia. Budaya sifatnya kompleks, abstrak, dan luas.

Para ahli berpendpt ttg pengertian budaya, seperti Melville J. Herskovits, Andreas Eppink dan menurut para ahli lainnya, dari beberapa definisi tersebut, dpt disimpulkan bahwa kebudayaan adl sesuatu yg akan mengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide / gagasan yg terdpt dlm pikiran manusia, sehingga dlm kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Unsur-Unsur Budaya
Menurut pendpt ahli menurut Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, diantaranya: alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, kekuasaan politik. Sedangkan Bronislaw Malinowski menyebutkan 4 usur pokok yaitu meliputi: sistem norma sosial yg menyesuaikan diri dg alam sekelingnya delan kerja sama antara para anggota masyarakat, organisasi ekonomi, alat-alat dan lembaga / petugas untuk pendidikan, politik.

Wujud dan Komponen Budaya
Menurut J.J Hoeningman wujud kebuadayaan dibedakan menjadi tiga, yaitu: Gagasan (wujud ideal), Aktifias (tindakan), dan Artefak (karya).

Menurut Cateora bedasarkan wujudnya tersebut, budaya memiliki beberapa komponen, yaitu: kebudayaan material, kebudayaan non material, lembaga social, sistem kepercayaan, estetika, dan bahasa.

Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan
Komponen / unsur utama dari kebudayaan antara lain: Peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi), sistem mata pencaharian, sistem kekerabatan dan organisasi sosial, bahasa, dan kesenian.

Sistem Kepercayaan
Agama adl unsur kebudayaan yg penting dlm sejarah umat manusia. Kamus filosofi dan agama mendefinisikan Agama sebagai berikut: sebuah institusi dg keanggotaan yg diakui dan biasa berkumpul bersama untuk beribadah, dan menerima sebuah paket doktrin yg menawarkan hal yg terkait dg sikap yg harus diambil oleh individu untuk mendptkan kebahagiaan sejati.

Setiap Agama biasanya memiliki prinsip, dlm agama Kristen memiliki prinsip “10 Firman”, dlm agama Islam memiliki prinsip “5 rukun Islam”.

Perubahan Sosial Budaya
Perubahan sosial adl gejala berubahnya struktrur dan pola budaya dlm masyarakat. Perubahan itu terjadi karena menyesuaikan hakikat dan sifat dasar manusia yg ingin perubahan.

Faktor-faktor yg dpt mempengaruhi perubahaan sosial adl tekanan kerja dlm masyarakat, keefektifan komunikasi, dan perubahan lingkungan alam.

Perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dg kebudayaan lain juga dpt menimbulkan timbulnya perubahan, seperti inovasi yg terus berkembang.

Penetrasi Kebudayaan
Penetrasi kebudayaan yg dimaksud ini adl masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya. Ada dua cara penetrasi kebudayaan terjadi, yaitu: Penetrasi damai dan Penetrasi kekerasan

Kebudayaan di Antara Masyakat
Kebudayaan yg besar biasanya memiliki sub-kebudayaan, yg memiliki sedikit perbdaan dlm prilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Karena perbedaan umur, ras etnisitas, kelas, aesthetik, agama, pekerjaan, pandangan politik dan gender dpt menyebabkan munculnya sub-kultur tersebut.

Berikut diatas merupakan Penjelasan ttg Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan. Tulisan diatas dikutip dari wikipedia dan sumber-sumber terkait yg diamati, ditiru, dan dimodifikasi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Pernahkah anda memiliki hidung anda tersumbat sebelah? Disini akan dijelaskan cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Hidung tersumbat ini disebabkan oleh suatu cairan yang menutupi lubang hidung. Biasanya hidung tersumbat disertai dengan batuk dan pilek. Batuk dan pilek disebabkan oleh virus flu. Virus tersebut sudah ada turun temurun pada orang Indonesia. Virus flu akan aktif pada saat badan kita drop biasanya pada saat pergantian musim. Sebaiknya jagalah badan anda pada waktu tersebut.

Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat:

Minumlah sup tomat panas

Resep rumahan paling bagus untuk mengatasi hidung tersumbat adalah sup tomat panas. Cara membuatnya cukup mudah karena bahan – bahanya mudah ditemukan di pasaran. Siapkan beberapa tomat matang, 2 atau 3 butir. Haluskan tomat tersebut dengan blender. Haluskan juga beberapa lada hitam, lada putih serta garam. Setelah semuanya halus campurkan dan tambah air sedikit. Rebus campuran tadi sampai mendidih. Selagi masih panas minumlah sesegera mungkin. Setelah minum ini hidung anda akan terasa lebih lega.

Makan makanan pedas

Hidung tersumbat dikarenakan ada cairan dalam lubang hidung, jika anda makan makanan yang pedas tubuh anda akan banyak membuang cairan lewat keringat. Cairan dalam lubang hidung sebagian juga ikut keluar bersama keringat. Tetapi ingat jangan kebanyakan memakan makanan yang
pedas sekali karena berbahaya bagi lambung anda dan bisa menyebabkan diare.

Oleskan jahe pada hidung

Jahe merupakan rempah – rempah yang bisa menghangatkan tubuh, oleh karena itu jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Terlebih dahulu tumbuklah jahe, jangan terlalu halus karena akan menyebabkan air pada jahe terbuang. Oleskan tumbukan jahe yang masih berair pada
hidung anda, jangan sampai terkena mata karena akan membuat mata pedih. Tunggu beberapa menit.

Oleskan balsem pada hidung anda

Sama seperti jahe, balsem akan menghangatkan hidung anda dan membuat cairan yang mengendam akan cair. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup oleskan balsem pada hidung anda.

Mandi dengan air hangat

Jika hidung anda sedang tersumbat mandilah dengan air hangat. Pelu diperhatikan, mandilah sebelum maghrib, karena sesudah maghrib udara akan terasa lebih dingin dan akan memperparah hidung anda.
Diatas adalah cara mengatasi hidung tersumbat. Jika masih terasa batuk dan pilek segeralah pergi ke dokter terdekat.